Beli Pulsa disini aja

jualpulsa

Rabu, 14 Oktober 2015

Defisiensi atau Kekurangan Zat Besi

Anemia defisiensi zat besi

Besi membentuk inti cincin heme untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin digunakan untuk mengangkut oksigen dari paru ke jaringan lain. Apabila zat besi tidak tersedia dengan cukup, akan menyebabkan terbentuknya eritrosit(sel darah merah) yang kecil-kecil dengan hemoglobin yang tidak memadai, akhirnya menimbulkan anemia hipokromik mikrositik. Yaitu sel darah merah yang berukuran kecil dan bagian pipih sel darah merah yang lebih dari 2/3 diameter sel.

Absorpsi

Zat besi diserap di duodenum atau di jejunum bagian proksimal atau atas. Semakin ke distal atau ke bawah, penyerapan semakin berkurang. Pada orang normal, hanya 5%-10% dari asupan makanan yang dapat diserap, sisanya dibuang melalui feses. Penyerapan zat besi meningkat apabila:
1. Simpanan zat besi rendah
2. Kebutuhan zat besi meningkat
Manusia normal membutuhkan 0,5-1 mg/hari kecuali pada anak, wanita hamil, dan wanita menstruasi
Zat besi dalam daging dapat dengan mudah diabsorpsi karena heme dalam daging dapat secara utuh diserap tanpa harua dipecah dulu.
Zat besi harus diubah menjadi bentuk ferro agar dapat diserap.
Penurunan absorpsi dapat ditimbulkan dari adanya kelat-kelat, sedangkan peningkatan absorpsi dapa terjadi karena adanya asam dan vit.C.
Zat besi diserap dan berikatan dengan apoferritin di mukosa usus.

Transport

Zat besi ditranspor dalam plasma dengan terikat transferrin.

Penyimpanan

Zat besi disimpan dalam bentuk ferritin, yaitu besi yang terikat dengan apoferritin. Jika zat besi bebas tinggi, pembentukan apoferritin meningkat.
Ferritin dapat dideteksi dalam plasma darah karena jumlah ferritin plasma~ferritin dalam jaringan retikuloendotelium.

Eliminasi

Kemampuan tubuh untuk meningkatkan ekskresi sangat terbatas, sehingga pengaturan keseimbangan zat besi dicapai dengan mengubah absorpsi dan penyimpanan. Zat besi dapat dikeluarkan melalui feses, urin, keringat, empedu dalam jumlah sedikit.

Jumat, 28 Agustus 2015

Fisiologi Darah - Komposisi Plasma

sebelumnya, sudah disinggung tentang plasma. apa plasma itu? ia merupakan bagian darah yang tidak mengandung sel.
Plasma berwarna kuning muda transparan. mengapa bisa berwarna kuning? karena pada plasma mengandung bilirubin.
apa itu bilirubin? bilirubin adalah produk limbah dari pengolahan sel darah merah yang sudah tua.

apa saja yang ada di dalam plasma?

  • air = 93%
  • protein sperti albumin, globulin, fibrinogen = 7%
  • gas
  • glukosa, laktat, piruvat
  • lipid seperti lemak, lesitin, kolestrol
  • asam amino, urea, asam urat, kreatin, kreatinin, garam, amonia
  • enzim, vitamin, hormon, pigmen
  • in organik seperti Na, K, Ca, Mg, Cl, SO4, PO4, Fe, Co, Cu, Zn, I
selain air dan protein, jumlahnya <1% jadi bisa diabaikan.

PROTEIN PLASMA 
apa itu? mereka adalah semua protein yang mengisi plasma.
darimana protein berasal? semua protein plasma disintesis oleh hepar kecuali gama-globulin.
untuk apa ada protein dalam plasma?
1. menjaga tekanan osmotik koloid. tekanan osmotik koloid? itu merupakan gaya tarik yang dilakukan oleh sesuatu agar cairan tetap berada di pembuluh darah dan tidak keluar ke ruangan interstitial. apa itu ruang interstitial? ruang tersebut merupakan ruangan diluar pembuluh darah dan diluar sel. jadi dia diantara pembuluh darah dan sel. siapa yang melakukan gaya tarik tadi? dia adalah albumin. untuk apa harus menarik cairan agar tidak keluar pembuluh darah? agar volume plasma stabil.

2. Buffer. sistem penyangga perubahan pH. 

3. Mengandung faktor-faktor koagulasi untuk proses koagulasi. proses ini melibatkan fibrinogen yang akan membentuk jaring-jaring fibrin saat terjadi luka.

4. terdapat immune globulin (Ab) yang penting dalam proses kekebalan tubuh. diperankan oleh gama-globulin.

PROTEIN UTAMA DARAH
1. Albumin : tekanan osmotik koloid dan protein binding
2. Globulin : ada 3 macam yaitu alfa(TBG), beta(mengankut Fe dalam bentuk transferin), dan gamma(kekebalan tubuh).
3. Fibrinogen : koagulasi

Menghitung Hari Baik untuk Nikah

wkwkwkw :D ngakak nulis ini sebenernya, hhahaha.. umur baru segini udah tau aja masalah hari baik nikah berasa udah tua. ini aku tau dari pakde sama mama, tapi yang ngajarin mba tiwi. gini nih enaknya punya kakak dua cewe semua :D jadi tau masalah beginian. hari baik nikah kalo dari agamaku, semua hari itu baik. tapi kata orang jawa, ngga semua hari itu baik. ada hari-hari dimana kesialan kemungkinan besar terjadi.

metode yang digunakan ini pake hari lahir kedua calon pengantin atau weton. bagi yang gatau weton, weton adalah hari pasaran disaat seseorang lahir. misalnya nih menurut tanggal masehi aku lahir 18 juni 1996 jam 23.25 WIB. menurut tanggl jawa, aku lahir 19 juni 1996 hari rabu kliwon. kenapa tanggal 19? karena lahir tengah malam. setelah ashar, dihitung hari berikutnya. wetonku adalah rabu kliwon.

gimana kalau tidak tahu weton? tenang. cari saja di mesin pencari seperti google dengan kata kunci kalender jawa bulan dan tahun calon pengantin lahir. misal aku mencari wetonku di google, kata kunci : kalender jawa juni 1996. udah tuh banyak pilihan disana kalendernya. bagaimanapun dan dimanapun kalendernya, isi tetap sama. jangan khawatir :D

trus kalo udah nemu weton diapakan? jumlahkan wetonnya. jumlahnya tau darimana? cari lagi di google dengan kata kunci : neptu hari pasaran. neptu hari dan pasaran berikut datanya :

minggu = 5
senin = 4
selasa = 3
rabu = 7
kamis = 8
jumat = 6
sabtu = 9

legi = 5
pahing = 9
pon = 7
wage = 4
kliwon = 8

wetonku rabu kliwon. jumlah = rabu + kliwon = 7 + 8 = 15

cari jumlah weton seperti diatas untuk calon pengantin pria dan wanita.

setelah itu jumlahkan kedua jumlah weton calon pria dan wanita. misalkan, seorang pria dan seorang wanita jumlah wetonnya masing-masing 12 dan 11. maka jumlahnya = 12 + 11 = 23

PENTING!! cari angka yang jika dibagi 6 akan sisa 2 
angka berapa saja itu? 8, 14, 20, 26, 32, 38, 44, dst.

lalu diapakan? jumlah weton kedua pasangan tadi dicari selisih dengan angka yang jika dibagi 6 akan sisa 2.
misal : 23 dekat dengan 26. maka 26 - 23 = 3. cari hari dan pasaran yang jumlahnya 3.
karena tidak ada hari dan pasaran yang jumlahnya 3, maka dicari selisih dengan angka 32. 
32 - 23 = 9. hari dan pasaran yang jumlahnya 9 = minggu wage, senin legi. mencari pilihan hari lain lagi dengan cara
38 - 23 = 15. hari dan pasaran yang jumlahnya 15 = rabu kliwon, kamis pon, jumat pahing.

jangan mengambil hari yang pasarannya sama dengan pasaran yang bertepatan dengan 1 Muharram di tahun tersebut.

kesimpulan dari contoh diatas, hari baik untuk menikah yaitu : minggu wage, senin legi, rabu kliwon, kamis pon, jumat pahing. dikurangi dengan hari yang bertepatan pada 1 Muharram.
misal pada tahun 1436H ini, 1 muharram bertepatan hari Sabtu pahing. Maka pilihan hari baik yang pasaran pahing dibuang yaitu jumat pahing.
jika pasangan akan menikah di tahun 1437H, jangan mengambil pasaran legi karena tanggal 1 Muharran itu bertepatan dengan hari rabu legi.

bagaimana jika jumlah kedua weton calon adalah salah satu angka dari angka yang jika dibagi 6 akan sisa 2? misal 32. maka cari selisih dari 38-32, 44-32, dst.


ini merupakan kepercayaan sebagian orang jawa. boleh percaya boleh tidak. pilihan ada ditangan Anda :)

Origami - Bunga


Yeaaaay habis diajarin mba luki bikin bunga-bungaan :)))
caranya gampang banget ternyata. ga perlu ribet-ribet udah bisa bikin bunga cuntiqq

bahan yang dibutuhin :
1. kertas lipat minimal 5 lembar. jangan 4 yaa jadinya jelek kalo 4. ngga harus beda warna kok, boleh sewarna terserah pokoknya jumlah minimal 5 lembar

2. lem kertas

Langkah-langkah :

1. buat segitiga

2. lipat ujung-ujungnya ke atas


3. lipat ke kanan dan kiri


4. lipat sisa segitiganya

5. itu kan kanan kiri jadi terbentuk kayak segitiga, nah itu lipat jadi satu


6. lem pinggirnya trus jadikan satu



jadi gini deeeh


trus bikin lima lembar tadi kayak gini semua, jadikan satu dengan cara dilem . jadi sudaaah :))

tips :
supaya rapi, nanti kalo lima-limanya udah jadi, jangan ditempelin satu-satu muter. 
caranya tempel satu-satu tumpuk ke atas. tekeeeen sampe bener bener lengket nah baru ujung sama ujung dilengketin biar muter. terus, selain pake lem, pake double-tip juga enak, double-tip nya yang kecil ya, jangan kelebaran nanti kurang rapih. 

udah gitu aja :)

Senin, 24 Agustus 2015

Fisiologi Darah - definisi dan fungsi

APA ITU DARAH?
darah adalah cairan berwarna merah yang mengisi pembuluh darah yang terdiri dari sel-sel darah dan cairan yanag disebut plasma.
jadi yang namanya darah itu ada 2 komponen : padat dan cair. yang padat namanya sel, yang cair namanya plasma.

darah = 8% dari total Berat Badan(BB)
BBku sekarang 60kg wkwk jadi darahku sekitar 60 x 8% = 4,8kg

volume rata-rata darah :
pria = 5,5 L
wanita = 5 L

semua darah tersebut terdiri dari 3% sel dan 5% plasma. (terus sisanya???)

pH darah = 7,35 - 7,45 . itu pertanda bahwa darah manusia bersifat sedikit basa karena diatas 7.

APA FUNGSI DARAH?
1. sebagai transport utama. apa yang dibawa? gas pernafasan yaitu O2 dan CO2, nutrisi, hormon, elektrolit, dan metabolit. apa yang dimaksud dengan metabolit? metabolit adalah produk dari metabolisme. apa itu metabolisme? metabolisme adalah perubahan zat kimia yang terjadi di dalam tubuh. perubahan tersebut ada 2 macam, yaitu perubahan untuk membangun(anabolisme) dan memecah(katabolisme)

2. proteksi atau perlindungan. dengan apa darah berfungsi sebagai proteksi? dengan adanya leukosit(salah satu jenis sel darah), komplemen yaitu sistem dari sejumlah protein, antibodi(sejenis protein juga), dan clotting atau koagulan.

3. homeostasis. yaitu suatu adaptasi tubuh terhadap lingkungan eksternal dan internal untuk menjaga kondisi internal tubuh tetap konstan agar sistem tubuh berjalan normal. mbulet yah gitu deh pokoknya. homeostasis yang dilakukan darah ada 2 : keseimbangan asam-basa dan pengaturan suhu.

next>>> komposisi plasma


Perbedaan Hosting dan Domain

jadi begini...
sebuah website punya dua komponen penting yaitu hosting dan domain.
hosting = penyedia tempat penyimpanan file-file website. agar dapat diakses oleh banyak orang maka hosting yang baik adalah hosting yang bisa online 24 jam
domain = penyedia nama untuk website

insyaAllah begitu